Soko Bisnis

Kemenperin-Dekranas Gencar Katrol Daya Saing IKM Kerajinan Lokal, Bidik Pasar Ekspor

Kalimantan Barat memiliki produk kerajinan anyaman, tenun, dan ukiran. Dekranasda setempat berkomitmen mengangkat kerajinan lokal ke tingkat lebih strategis.

By Rosmery C Sihombing  | Sokoguru.Id
23 Juni 2025
<p>Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita memberikan pemaparan secara daring pada acara Rakerda dan Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu. (Dok. Kemenperin)</p>

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Reni Yanita memberikan pemaparan secara daring pada acara Rakerda dan Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu. (Dok. Kemenperin)

SOKOGURU, JAKARTA- industri kerajinan Indonesia terus menunjukkan ketangguhan luar biasa, dengan berhasil menjaga stabilitas nilai ekspor secara konsisten sejak 2021 pascapandemi Covid-19.

Hal itu menjadi pelecut bagi semua pihak untuk dapat terus membina pelaku industri kerajinan yang telah dikelompokkan berdasarkan bahan bakunya oleh UNESCO, meliputi kelompok keramik atau tanah liat, serat alam, tekstil atau lembaran kain, kayu-kayuan, batu-batuan, logam, material alam lainnya, dan material hasil olahan dari bahan alami.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Reni Yanita, Minggu, 22 Juni 2025.

Baca juga: UMKM Bandung Siap Go Internasional, Dekranasda Hadirkan Galeri Strategis di Braga

Menurutnya, sektor industri kerajinan dalam negeri mampu menghasilkan kinerja ekspor cukup gemilang yakni sebesar USD679,02 juta sepanjang 2024, dan telah mencapai angka USD158,78 juta pada triwulan I tahun 2025.

 “Kinerja solid itu menjadi sinyal kuat bahwa peluang di pasar ekspor untuk produk kriya nusantara masih terbuka sangat lebar,” tambah Sekretaris Jenderal Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) itu, seperti dikutip keterangan resmi Kemenperin.

Apa yang disampaikan Reni terkait kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kemenperin Gandeng Dekranas Siapkan IKM Kerajinan Tembus Pasar Ekspor
Pada acara tersebut Dirjen IKMA memberikan pemaparan secara daring. Ia menyampaikan, Indonesia mampu menduduki peringkat ke-15 sebagai negara eksportir produk kerajinan terbesar di dunia, dengan tujuan ekspor utama ke China, Taiwan, Amerika Serikat, Jepang, dan Belanda.

“Data ini menunjukkan adanya potensi penerimaan pasar yang besar bagi produk kerajinan Indonesia di berbagai belahan dunia, yang harus dikembangkan melalui sinergi dan kolaborasi antar stakeholder,” tuturnya.

Sebab itu, lanjut Reni, pemerintah pusat bersama Dekranas tetap membutuhkan dukungan dari para pemangku kepentingan di daerah, yaitu melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Pemerintah Daerah, pada tingkat Kota, Kabupaten, hingga tingkat Provinsi.

Baca juga: Peringati HUT ke-45 Dekranas, IKM Kriya dan Wastra Diajak Kembangkan Produk Kualitas Ekspor

Apalagi, dalam menghadapi tantangan dan persaingan pasar yang semakin kompleks, industri kerajinan perlu memiliki tiga kekuatan utama yang harus terus ditingkatkan. 

Pertama, kekuatan branding, yang merupakan citra dan cerita dari produk itu perlu dibangun sehingga mudah dikenal dan dipercayai oleh pasar.

“Kedua, kekuatan packaging, di mana produk harus dikemas secara baik dan menarik sehingga dapat menarik perhatian calon pembeli, serta terlindungi dalam proses distribusi dan pengirimannya,” imbuh Reni.

Ketiga, sambungnya, kekuatan desain produk. Hal ini harus terus dikembangkan karena merupakan faktor sangat penting bagi sebuah produk di era persaingan pasar saat ini. 

“Penggabungan aspek fungsi, estetika, dan identitas mampu menjadikan produk lebih unggul dan diminati,” tambahnya.

Reni menegaskan, pelaku industri kerajinan juga perlu diberikan edukasi tentang perkembangan tren pasar, teknologi yang mampu memudahkan proses produksi hingga pemasaran, serta pemahaman tentang standar produk yang dipersyaratkan di berbagai negara tujuan ekspor.

 

Melestarikan Warisan, Menciptakan Nilai Regenerasi

Selain itu, perlunya arah kebijakan Dekranasda dalam melaksanakan program dan kegiatan yang mengacu pada visi dan misi Dekranas.

Hal itu tertuang dalam AD/ART Dekranas, di antaranya adalah regenerasi SDM perajin, peningkatan daya saing produk, penguatan kemitraan dan kerja sama antar stakeholder, perluasan akses pasar, penumbuhan 

wirausaha baru, pembangunan ekosistem industri kerajinan melalui penguatan potensi kerajinan lokal, serta mendorong IKM kerajinan masuk ke dalam rantai pasok global.

“Pembina sektor industri wastra dan kerajinan harus menentukan langkah-langkah strategis terhadap pengembangan industri wastra dan kerajinan melalui diskusi yang membangun dan inklusif,” ungkapnya.

Pada 2025, Dekranas memiliki beberapa Program Kerja Pokok, yaitu Musyawarah Nasional Dekranas, Perayaan HUT Dekranas, Pelatihan dan Pendampingan Produk Kriya, Dekranas Award, serta Pameran Kriyanusa. “Besar harapan kami agar seluruh Program Kerja Pokok di Tahun 2025 dapat melibatkan berbagai stakeholder mulai dari Pemerintah Pusat, Daerah, akademisi, desainer, influencer, asosiasi hingga marketplace sehingga dampak yang dirasakan akan semakin masif dan berkelanjutan,” tambah Reni.

Pada acara Rakerda Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, juga turut dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Masa Bakti Tahun 2025 - 2030, yang mengangkat tema Melestarikan Warisan, Menciptakan Nilai Regenerasi, Kolaborasi dan Inovasi untuk Kerajinan Kalbar Berdaya Saing. Peserta Rakerda terdiri dari perwakilan Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat, serta Pengurus Dekranasda Provinsi Kalbar.

Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar, Erlina Ria Norsan, mengungkapkan, Dekranasda Provinsi Kalbar berkomitmen mengangkat kerajinan lokal Kalbar ke tingkat yang lebih strategis. 

“Tidak hanya sebagai simbol budaya, namun juga sebagai kerajinan khas daerah yang memiliki nilai ekonomis sebagai penggerak perekonomian masyarakat,” terangnya.

Erlina menuturkan, Provinsi Kalbar memiliki berbagai produk kerajinan khas, seperti anyaman, tenun, hingga ukiran, yang merupakan hasil karya tangan-tangan terampil masyarakat yang penuh makna dan budaya. Menurutnya, potensi produk lokal Kalbar harus mampu beradaptasi dengan dinamika perekonomian agar mampu bertahan dan menjadi penghidupan para perajin.

“Tentunya dalam upaya tersebut, kita harus terus menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat, akademisi, hingga komunitas kreatif,” tutupnya.

Kemenperin berkomitmen mendukung pengembangan industri kerajinan dalam negeri melalui berbagai kegiatan pendampingan dan fasilitasi, yang bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Dekranas, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Pemerintah Daerah. 

Sinergi yang dilakukan itu untuk membawa industri kerajinan nasional menguasai pasar lokal dan menembus pasar global sehingga memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian dan kesejahteraan pelaku industrinya.

Dekranas adalah salah satu pihak yang aktif berkolaborasi dengan Kemenperin dalam memajukan industri kerajinan nasional. 

Lembaga independen yang didirikan pada 1980 itu bersifat nirlaba, yang menjadi wadah berhimpunnya pemangku kepentingan bidang kerajinan Indonesia untuk mengembangkan produk kerajinan dan meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian besar merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) maupun industri kecil dan menengah (IKM). (SG-1)